Selasa, 14 Februari 2012

Konsep Jaringan Komputer

Posted by TKJ SMK PGRI 2 PONOROGO | 19.45 Categories:
1.Konsep Jaringan Komputer 

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dan menggunakan protocol komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi,aplikasi atau perangkat keras secara bersama-sama. seringkali kita mendengar kata internet apa sich internet itu sebenarnya sekilas kita akan berpikir bahwa yang namanya internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan terdiri dari banyak komputer.Bagi orang yang awam internet sering diartikan sebagai browsing,chatting, dan lain lain. Pengertian ini merupakan pandangan yang kurang benar.
Karena sebenarnya INTERNET Adalah kumpulan dari jaringan-jaringan kecil dan besar yang salin terhubung secara realtime (terus menerus) di seluruh dunia.

a.Tujuan Membangun Jaringan Jaringan dibangun untuk membawa data secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmiter) maupun pada sisa penerima (receiver) melalui media komunikasi.

b.Manfaat Jaringan Komputer Jaringan Komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih bila dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri.Jaringan komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien,misalnya:

1.Pengguna dapat saling berbagi printer dengan kualitas yang baik,dibanding menggunakan printer disetiap meja.Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan komputer lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna yang sama.

2. Jaringan komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date. Sistem penyimpanan terpusat yang dapat digunakan bersama sehingga pengelolaan data lebih baik.

3. Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data dalam jaringan dapat berlangsung dengan cepat.

4. Jaringan komputer memgungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.

5. Jaringan komputer juga membantu perusahaan dalam melayani pelanggan dengan lebih aktif.

1 komentar: